Literasi Strategi Pemasaran Berbasis AI (Artificial Intelligence) bagi UMKM Mendukung Sustainable Development Goals (SDGs)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9466Abstract
Literasi strategi pemasaran berbasis AI (Artificial Intelligence) kondisi saat ini sangat mendesak dibutuhkan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada umumnya, mengingat keterbatasan kapasitas sumber daya manusia sebagai pengelola. Urgensi dari kegiatan ini adalah agar dapat segera membantu pelaku umkm dalam mengahadapi persaingan yang sangat ketat di industrinya dan menghadapi perubahan tren dan selera, serta pola konsumsi konsumen yang selalu berubah. Dengan memanfaatkan AI di media sosial, UMKM dapat menjangkau pelanggan dengan lebih efektif, meningkatkan engagement, dan memaksimalkan hasil pemasaran dengan biaya yang lebih efisien. Berdasarkan hal tersebut, Tim Abdimas UPN Veteran Jakarta melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan tujuan untuk memberikan edukasi dan literasi tentang pentingnya memahami dan mengimplementasikan AI serta menghindari celah pelanggaran hukum dalam menggunakan AI berbasis tehnologi. Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahapan, pertama yaitu tahap pra kegiatan yakni mempersiapkan kebutuhan kegiatan serta survei lokasi koordinasi dengan instansi terkait. Kedua yaitu tahap persiapan pelaksanaan yakni melakukan pengecekan dan koordinasi dengan peserta sebagai mitra kegiatan ini adalah UMKM Griya Cinere Depok Jawa Barat. Ketiga yaitu diskusi per kelompok sesuai jenis kegiatannya, FGD (focus group discussion) terkait materi literasi strategi pemasaran dalam mengimplementasi AI secara benar. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta menjadi paham terkait pentingnya memahami dan implementasi AI secara tepat dan terhindar masalah hukum. Secara terukur melalui pre-test dan post-test sebagai indikator keberhasilan kegiatan ini.