Evaluasi Kualitas Pembelajaran Tatap Muka Masa New Normal Sekolah Dasar Kecamatan Wates Awal Tahun Ajaran 2022-2023
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.956Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui capaian kualitas pembelajaran tatap muka masa new normal sekolah dasar di Kecamatan Wates awal tahun ajaran 2022-2023. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif evaluasi dengan model CIPP dan pengolahan data menggunakan bantuan software Microsoft Excel dan SPSS versi 22. Subjek penelitian adalah guru kelas I-VI dari 4 sekolah dasar di Kecamatan Wates yang berjumlah 24 orang. Keempat sekolah dasar tersebut adalah SD N Pepen, SD N Bendungan I, SD N Karangwuni, dan SD N 4 Wates yang kemudian disebut sampel penelitian. Populasi penelitian adalah sekolah dasar se-Kecamatan Wates. Pengumpulan data dilakukan dalam bentuk penyebaran lembar angket dan diisi oleh 24 responden yaitu guru kelas I-VI sekolah dasar yang menjadi subjek penelitian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Pendekatan Acuan Normatif (PAN). Terdapat 3 kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tinggi (sangat berkualitas) apabila nilai X ? 128, sedang (cukup berkualitas) apabila nilai X di antara 112 ? X ? 128, dan rendah (kurang berkualitas) apabila nilai X < 112. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebanyak 75% atau 18 data dari responden berada pada kategori tinggi. Sebanyak 21% atau 5 data dari responden berada pada kategori sedang, dan 4% atau 1 data dari responden berada pada kategori rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pembelajaran tatap muka masa new normal sekolah dasar di Kecamatan Wates dinilai berada pada ketegori tinggi (sangat berkualitas).