Pengaruh Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Coffeeshop Mini Kopi Green Ville Jakarta Barat

Authors

  • Wilson Wilson
  • Imam Ardiansyah Universitas Bunda Mulia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9574

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen di Coffee Shop Mini Kopi Green Ville Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 107 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lokasi yang terdiri dari dimensi aksesibilitas, visibilitas, area parkir, dan ekspansi, sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa keempat dimensi lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, hasil uji simultan membuktikan bahwa variabel lokasi secara keseluruhan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Temuan ini mengindikasikan bahwa lokasi strategis yang mencakup kemudahan akses, visibilitas tinggi, fasilitas parkir memadai, serta potensi ekspansi menjadi faktor penting dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen pada coffee shop. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pelaku usaha dalam memilih lokasi usaha yang tepat untuk meningkatkan daya saing dan loyalitas pelanggan.

Published

2025-09-12

How to Cite

Wilson, W., & Ardiansyah, I. . (2025). Pengaruh Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Coffeeshop Mini Kopi Green Ville Jakarta Barat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 11235-11243. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9574