Evaluasi Kualitas Butir Soal Try Out Usaha Layanan Pariwisata
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9625Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Kualitas Butir Soal dalam Uji Coba Usaha Layanan Pariwisata yang dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan soal, mulai dari konseptualisasi soal, penulisan dan telaah soal, uji coba lapangan, dan analisis hasil soal. Uji coba melibatkan 21 responden dari Program Pendidikan Profesi Guru Vokasi Bidang Jasa Pariwisata. Data dianalisis secara klasikal untuk mengetahui tingkat kesulitan soal, daya pembeda, efektivitas pengecoh, validitas, dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan dari 35 butir soal, 27 butir soal (77,14%) mudah, 6 butir soal (17,14%) sedang, dan 2 butir soal (5,71%) sulit. Analisis daya pembeda menunjukkan 24 butir soal (68,57%) cukup, sedangkan 11 butir soal (31,43%) kurang. Uji validitas menunjukkan 12 butir soal valid dengan koefisien korelasi ?0,3, sedangkan 23 butir soal tidak valid. Uji reliabilitas menghasilkan Cronbach’s Alpha sebesar 0,644 untuk semua butir soal, dan 0,870 untuk 12 butir soal valid, tergolong sangat tinggi. Analisis distraktor menunjukkan bahwa 68,57% tidak berfungsi. Secara keseluruhan, 12 item yang valid dan reliabel dapat menjadi dasar yang kuat untuk mengevaluasi kompetensi mahasiswa dalam Usaha Layanan Pariwisata.