Keefektifan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran Menulis Teks Fabel pada Siswa Kelas VII SMP Wiraswasta Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2022

Authors

  • Elsa Novianti Manalu Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Kartini Bangun Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Beslina Afriani Siagian Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.963

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektifan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran Menulis Teks Fabel Pada Siswa-Siswi Kelas VII SMP Wiraswasta Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2022/2023 dengan data sumber siswa kelas VII yang berjumlah 62 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen atau true eksperimental design. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan essay tes untuk mengetahui Keefektifan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran Menulis Fabel Pada Siswa-Siswi Kelas VII SMP Wiraswasta Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2022/2023. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggnakan uji “t” diperoleh thitung = 6,391 jika dibandingkan dengan harga ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 2,00 ini menunjukkan bahwa thitung  > ttabel (6,391 > 2,00). Dengan demikian dapat hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini berarti hasil pembelajaran menulis teks fabel menggunakan media gambar berseri berpengarh dibandingkan sebelum menggunakan media gambar berseri.

Published

2022-10-01

How to Cite

Manalu, E. N., Bangun, K., & Siagian, B. A. (2022). Keefektifan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran Menulis Teks Fabel pada Siswa Kelas VII SMP Wiraswasta Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2022. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 3980-3984. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.963