Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Lokal menggunakan Bo’ Sangaji Kai Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa

Authors

  • Sumiyati Sumiyati Pendidikan Sejarah STKIP Yapis Dompu, NTB, Indonesia
  • Nurjannah Nurjannah Pendidikan Sejarah STKIP Yapis Dompu, NTB, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.978

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu referensi yang sistematis sebagai perangsang menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dalam memhami sejarah lokal. Sejarah lokal merupakan bagian dari pengalaman suatu daerah, tugas Mahasiswa adalah menggali dan melestarikan sejarah tersebut, sehingga menjadi sebuah identitas daerah. Pembelajaran sejarah Kerajaan Bima-Dompu di STKIP Yapis Dompu perlu dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Mahasiswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&) mengacu pada model Dick & Cerey yang disederhanakan yang mencakup tiga tahap penelitian dan pengem-bangan yaitu, penelitian pendahuluan, pengembangan model dan uji efektivitas model yang dilakukan pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah STKIP Yapis Dompu, Semester IV dengan jumlah 15 orang Kelas A dan 15 orang Kelas B orang Mahasiswa tahun pembelajaran2021/2022. Adapun hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran yang berupa RPS, Worksheets, buku ajar serta instrument berpikir kritis di kategorikan sangat baik. Sedangkan pada tahap uji coba produk, yaitu respon positif dari mahasiswa yang di buktikan dengan secara umum setiap komponen bahan ajar mendapat penilaian lebih dari 80% yang menandakan bahan ajar sangat praktis. Sedangkan untuk kemampuan berpikir kritis mahasiswa juga mengalami.

Published

2022-10-01

How to Cite

Sumiyati, S., & Nurjannah, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Lokal menggunakan Bo’ Sangaji Kai Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4342-4350. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.978