Pengaruh Metode Pembelajaran Picture and Picture Berbasis Bookwidgets terhadap Berpikir Kreatif pada Materi Produksi Kelas VII SMPN 1 Pedamaran Timur
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.9783Abstract
Berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan penting abad ke-21 yang harus dimiliki peserta didik, Namun hasil pra-penelitian berpikir kreatif peserta didik kelas VII SMPN 1 Pedamaran Timur yang ditunjukkan oleh hasil angket dengan presentase rata-rata sebesar 54,98% dalam kategori rendah. Kondisi ini mengidentifikasikan bahwa proses pembelajaran kurang memanfaatkan metode pembelajaran inovatif berbasis teknologi. Maka dari itu, perlunya alternatif pembelajaran yang dapat merangsang berpikir kreatif peserta didik, salah satunya melalui penerapan metode pembelajaran picture and picture berbasis bookwidgets. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran picture and picture berbasis bookwidgets terhadap berpikir kreatif peserta didik pada materi produksi kelas VII SMPN 1 Pedamaran Timur. Jenis penelitian menggunakan kuantitatif true eksperimen dengan desain posttest only control design. Hasil penelitian dari uji independen sampel t test pada bagian equal variances assumed diketahui Sig. (2 - tailed) memperoleh 0.000 < 0,05 = Tolak H0 terima Ha, artinya menujukkan hasil yang berbeda secara signifika antara posttest ekperimen dan posttest kontrol. Perolehan hipotesis, uji regresi linier sederhana diketahui H0 ditolak dan Ha diterima dari nilai t- hitung > dari nilai t- tabel yaitu 2,251 > 1.70113. Simpulan penelitian terdapat pengaruh metode pembelajaran picture and picture berbasis bookwidgets terhadap berpikir kreatif peserta didik pada materi produksi kelas VII SMPN 1 Pedamaran Timur. Disarankan agar guru dan sekolah mendukung penerapan media pembelajaran berbasis teknologi, sementara peneliti selanjutnya dapat memperluas kajian metode pembelajaran picture and picture berbasis bookwidgets pada materi dan jenjang yang berbeda.







