Pengaruh Pembelajaran Mendalam terhadap Kreativitas Anak Taman Kanak-Kanak Kelas B Berdasarkan Jenis Kelamin

Authors

  • Arrumaisha Arrumaisha Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Irma Yuliantina Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.9788

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kreativitas anak usia dini di salah satu Raudhatul Athfal di Kota Medan, yang disebabkan oleh pembelajaran yang masih konvensional dan berpusat pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Pembelajaran Mendalam terhadap kreativitas anak Taman Kanak-Kanak kelas B, baik pada anak laki-laki maupun perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen model pretest-posttest kelompok tunggal. Sampel penelitian ini adalah 41 anak kelas B, yang terdiri dari 22 anak laki-laki dan 19 anak perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Paired Sample T-Test setelah data dinyatakan berdistribusi normal melalui uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada skor kreativitas anak setelah diterapkannya Pembelajaran Mendalam. Rata-rata skor kreativitas pada kelompok anak laki-laki meningkat dari 71,59 (pretest) menjadi 90,81 (posttest). Sementara itu, pada kelompok anak perempuan, rata-rata skor meningkat dari 71,89 (pretest) menjadi 90,63 (posttest). Hasil uji Paired Sample T-Test pada kedua kelompok menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang mengartikan terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest. Kesimpulannya, Pembelajaran Mendalam berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kreativitas anak Taman Kanak-Kanak kelas B di salah satu Raudhatul Athfal di Kota Medan, baik pada anak laki-laki maupun perempuan.

Published

2025-12-01

How to Cite

Arrumaisha, A., & Yuliantina, I. . (2025). Pengaruh Pembelajaran Mendalam terhadap Kreativitas Anak Taman Kanak-Kanak Kelas B Berdasarkan Jenis Kelamin. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(12), 13284-13288. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.9788