Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional melalui Pendekatan Total Quality Management (TQM)

Authors

  • Nana Noviada Kwartawaty Universitas Telogorejo Semarang, Indonesia
  • Glenda Angeli Universitas Telogorejo Semarang, Indonesia
  • Anna Erlina C. Universitas Telogorejo Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.9807

Abstract

Kualitas pendidikan yang diberikan oleh suatu sistem pendidikan akan mempengaruhi masa depan pada generasi yang akan datang serta mempengaruhi pertumbuhan sosial-ekonomi suatu negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya kualitas pendidikan dalam membentuk masa depan suatu negara, parameter-parameter yang diperlukan untuk mengukur kualitas pendidikan dalam suatu negara, metode analisis yang digunakan dalam penilaian kualitas pendidikan, dan langkah-langkah solutif yang dapat diambil untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam suatu negara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode tinjauan pustaka dari temuan penelitian yang disebarluaskan melalui publikasi nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TQM merupakan solusi dalam meningkatkan mutu pendidikan yang diharapkan dapat membentuk dunia menjadi lebih cerdas, inklusif, dan berkelanjutan sehingga mutu pendidikan Indonesia dapat menjadi lebih baik dari masa ke masa. Selin itu, Peningkatan kualitas Guru sebagai motor penggerak pendidikan di Indonesia menjadi sagat penting, karena tanpa adanya proses pemberdayaan dalam peningkatan kompetensi guru mutu pendidikan di Indonesia tidak dapat terjadi.

Published

2025-12-01

How to Cite

Kwartawaty, N. N. ., Angeli, G. ., & C., A. E. . (2025). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional melalui Pendekatan Total Quality Management (TQM). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(12), 13261-13267. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.9807