Systematic Literature Review (SLR): Efektivitas Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Yunita Rizki Maharani Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
  • Dwi Sulistyaningsih Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
  • Rohmat Suprapto Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.9809

Abstract

Kesenjangan capaian berpikir kritis matematis siswa menuntut inovasi pembelajaran. Multimedia interaktif adalah solusi potensial. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mensintesis temuan mengenai tingkat efektivitas multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, berdasarkan studi periode 2021 hingga 2025. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan PRISMA. Tahapan penelitian ini meliputi identifikasi, penyaringan, kelayakan, dan inklusi artikel ilmiah yang relevan dari basis data Google Scholar dan Scopus. Hasil kajian terhadap 10 artikel yang memenuhi kriteria inklusi berdasarkan relevansi menunjukkan bahwa penerapan multimedia interaktif secara konsisten mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada kategori sedang hingga tinggi. Ditemukan bahwa keberhasilan media pembelajaran tidak hanya bergantung pada kecanggihan teknologi, tetapi juga pada kualitas desain instruksional dan integrasi pendekatan pedagogis. Disimpulkan bahwa elemen kunci seperti visualisasi, simulasi, dan umpan balik instan berkontribusi signifikan mendorong keterlibatan aktif siswa, yang menjadi fondasi untuk membangun kemampuan berpikir kritis matematis.

Published

2025-12-01

How to Cite

Maharani, Y. R. ., Sulistyaningsih, D. ., & Suprapto, R. . (2025). Systematic Literature Review (SLR): Efektivitas Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(12), 13314-13323. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.9809