Keefektifan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy untuk Mengurangi Perilaku Merokok Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.9811Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling kelompok menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy untuk mengurangi perilaku merokok pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Raya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk penelitian pre-eksperimental design dengan model one-group pretest and posttest design. Sampel yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Sampel diambil sebanyak 6 orang siswa yang memiliki karakteristik perilaku merokok tinggi dari 30 orang siswa kelas XII yang memiliki karakteristik perilaku merokok. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari hasil persentase pre-test adalah 102,6 dengan kategori tinggi dan post-test adalah 56,6 dengan kategori rendah. Selanjutnya diperoleh hasil Thitung menggunakan Paired Sampel T-test yaitu t 16.572 dan nilai sig (2 tailed) adalah 0.000, yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak, maka dari itu terdapat perbedaan yang signifikan antara perilaku merokok siswa sebelum dan setelah diberikan konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy efektif dalam mengurangi perilaku merokok siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Raya.







