Strategi Pembentukan Karakter Sikap Sopan Santun pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar

Authors

  • Irwan Irwan UM ButonPendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia
  • Jufri Agus Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.982

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui strategi pembentukan karakter sikap sopan santun pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Palatiga, Kota Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan triangulasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembentukan karakter sopan santun siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Palatiga, Kota Baubau dilakukan melalui keteladanan, pembiasaan pengajaran, dan Pengondisian Lingkungan. Strategi yang dilakukan mendapat respon positif dari warga sekolah dan orang tua yang berkolaborasi dalam pembentukan karakter sikap sopan santun. Strategi ini perlu diterapkan di sekolah dasar demi terwujudnya karakter siswa yang lebih baik.

Published

2022-10-01

How to Cite

Irwan, I., & Agus, J. (2022). Strategi Pembentukan Karakter Sikap Sopan Santun pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4120-4126. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.982