Teacher Creative Performance Berdasarkan Competence Based Trust, Explicit Knowledge Contribution dan Digital Knowledge Sharing
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.986Abstract
Lembaga pendidikan dituntut untuk selalu siap menghadapi perubahan agar dapat mencetak generasi penerus yang dapat dihandalkan dan siap terhadap perubahan. Oleh karena itu Lembaga pendidikan perlu memiliki tenaga pendidik (guru) yang kreatif, bersikap terbuka terhadap perubahan dan dapat membuat inovasi-inovasi baru dalam kegiatan pembelajaran. Kinerja kreatif guru (Teacher creative performance) berkaitan dengan banyak faktor diantaranya competence based trust, explicit knowledge contribution dan digital knowledge sharing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh competence based trust, explicit knowledge contribution dan digital knowledge sharing terhadap teacher creative performance. Responden penelitian adalah 163 guru Sekolah Menengah XYZ Tangerang, dimana terlihat memiliki tingkat kinerja tinggi. Desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan model korelational dengan menggunakan metode PLS-SEM. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa competence based trust, explicit knowledge contribution dan digital knowledge sharing berpengaruh positif terhadap teacher creative performance.