Teacher Creative Performance Berdasarkan Competence Based Trust, Explicit Knowledge Contribution dan Digital Knowledge Sharing

Authors

  • Natalia Astri Christyani Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pelita Harapan, Indonesia
  • Niko Sudibjo Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pelita Harapan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.986

Abstract

Lembaga pendidikan dituntut untuk selalu siap menghadapi perubahan agar dapat mencetak generasi penerus yang dapat dihandalkan dan siap terhadap perubahan. Oleh karena itu Lembaga pendidikan perlu memiliki tenaga pendidik (guru) yang kreatif, bersikap terbuka terhadap perubahan dan dapat membuat inovasi-inovasi baru dalam kegiatan pembelajaran. Kinerja kreatif guru (Teacher creative performance) berkaitan dengan banyak faktor diantaranya competence based trust, explicit knowledge contribution dan digital knowledge sharing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh competence based trust, explicit knowledge contribution dan digital knowledge sharing terhadap teacher creative performance. Responden penelitian adalah 163 guru Sekolah Menengah XYZ Tangerang, dimana terlihat memiliki tingkat kinerja tinggi. Desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan model korelational dengan menggunakan metode PLS-SEM. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa competence based trust, explicit knowledge contribution dan digital knowledge sharing berpengaruh positif terhadap teacher creative performance.

Published

2022-10-01

How to Cite

Christyani, N. A., & Sudibjo, N. (2022). Teacher Creative Performance Berdasarkan Competence Based Trust, Explicit Knowledge Contribution dan Digital Knowledge Sharing. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4177-4186. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.986