Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik

Authors

  • Astri Oktaria Putri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • M. Taufik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Nana Hendracipta Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.9876

Abstract

Keterampilan kolaborasi menjadi salah satu di antara keterampilan yang diperlukan di era abad ke-21. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah melalui pembelajaran berdiferensiasi seperti yang dilaksanakan di SDN Serang 13. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menganalisis perencanaan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik di SDN Serang 13; 2) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik di SDN Serang 13; dan 3) Untuk menganalisis hasil pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik di SDN Serang 13. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Latar penelitian ini dilaksanakan di SDN Serang 13 dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas IV-A dan peserta didik kelas IV-A. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah dan guru kelas IV-A, observasi dilakukan kepada guru dan peserta didik kelas IV-A, sementara dokumentasi dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan pada bulan November 2024 hingga direncanakan selesai pada bulan Oktober 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran berdiferensiasi di SDN Serang 13 dilaksanakan secara sistematis melalui penetapan tujuan pembelajaran yang jelas, identifikasi kebutuhan belajar peserta didik, penyusunan asesmen yang tepat, serta perancangan aktivitas belajar yang variatif; 2) Proses pembelajaran berdiferensiasi di SDN Serang 13 dilaksanakan secara sistematis yang mampu menciptakan suasana belajar yang inklusif dan adaptif melalui strategi diferensiasi konten, proses, produk dan lingkungan belajar; dan 3) Peserta didik mampu menunjukkan kontribusi aktif, bekerja secara produktif, menumbuhkan sikap tanggung jawab, fleksibilitas, kompromi, serta saling menghargai dalam kerja kelompok.

Published

2025-12-01

How to Cite

Putri, A. O. ., Taufik, M. ., & Hendracipta, N. . (2025). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(12), 13346-13353. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.9876