Keefektifan Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Talk untuk Mengurangi Perilaku Self-Injury pada Siswa di SMP Negeri 8 Kota Pontianak

Authors

  • Vetronela Andena Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Halida Halida Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Amallia Putri Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.9889

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling kelompok menggunakan teknik self-talk untuk mengurangi perilaku self-injury pada siswa di SMP Negeri 8 Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk penelitian pre-experimental design dengan model One-group Pretest and Posttest Design. Sampel yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Sampel diambil sebanyak 4 orang siswa yang memiliki karakteristik perilaku self-injury tinggi dari 40 orang siswa kelas VIII. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari hasil presentase Pre-test menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa berada pada kategori tinggi, yaitu sebesar 135,25. Setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik self-talk, skor Post-test menunjukkan penurunan menjadi rata-rata 90,50 yang termasuk dalam kategori rendah. Selanjutnya diperoleh hasil T hitung menggunakan Paired Sample T-Test yaitu 29,972 dan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000, yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dari itu terdapat perbedaan yang signifikan antara perilaku self-injury siswa sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok dengan teknik self-talk. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self-talk efektif dalam mengurangi perilaku self-injury pada siswa di SMP Negeri 8 Kota Pontianak.

Published

2025-12-01

How to Cite

Andena, V. ., Halida, H., & Putri, A. . (2025). Keefektifan Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Talk untuk Mengurangi Perilaku Self-Injury pada Siswa di SMP Negeri 8 Kota Pontianak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(12), 13451-13458. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.9889