Pengembangan Bahan Ajar Microlearning Berbasis Video untuk Meningkatkan Ketahanan Belajar dan Hasil Belajar Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA/MA

Authors

  • Lisa Lisa Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Ismail L Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Yusminah Hala Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Firdaus Daud Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Hartati Hartati Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.9938

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar microlearning berbasis video pada materi sistem ekskresi kelas XI SMA/MA serta menguji tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya dalam meningkatkan ketahanan belajar dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik kelas XI MIPA 2 dan satu orang guru biologi di SMA Negeri 21 Gowa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar microlearning berbasis video dinyatakan valid oleh validator berdasarkan aspek isi, bahasa, dan tampilan dengan nilai rata-rata 4.38. Uji kepraktisan menunjukkan bahwa respon guru berada pada kategori sangat praktis dan respon peseta didik berada pada kategori praktis dengan nilai rata-rata  masing-masing 4.58 dan 4.32 serta persentase 92 % dan 86.6 %. Uji keefektifan memperlihatkan adanya peningkatan signifikan pada ketahanan belajar peserta didik, serta peningkatan hasil belajar kognitif dengan nilai persentase N-Gain masing-masing 78 % dan 79 % yang artinya berada pada kategori tinggi. Dengan demikian, bahan ajar microlearning berbasis video layak digunakan dalam pembelajaran biologi materi sistem ekskresi.

Published

2025-12-02

How to Cite

Lisa, L., L, I. ., Hala, Y. ., Daud, F. ., & Hartati, H. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Microlearning Berbasis Video untuk Meningkatkan Ketahanan Belajar dan Hasil Belajar Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA/MA. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(12), 13811-13820. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.9938