Meningkatkan Keterampilan Berpikir Holistik melalui Video YouTube 'Inspect History': Sebuah Studi Eksperimen dalam Materi Sejarah Renaissance di SMAN 1 Alalak
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.9945Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube Inspect History dalam Materi Renaissance terhadap Keterampilan Berpikir Holistik Siswa Kelas XI di SMAN 1 Alalak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain nonequivalent control group. Sampel terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen (33 siswa) yang menggunakan video YouTube sebagai media pembelajaran, dan kelas kontrol (31 siswa) yang menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes esai yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t dengan bantuan IBM SPSS 30. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen, dengan nilai rata-rata pretest 62,58 meningkat menjadi 82,88 pada posttest. Sementara itu, kelas kontrol hanya mengalami peningkatan dari 62,74 menjadi 69,68. Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan media YouTube lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir holistik dibandingkan metode konvensional. Uji hipotesis dengan independent sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video YouTube berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir holistik siswa.







