Analisis Deskriptif terhadap Konsep Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam Kontemporer

Authors

  • Siti Halimah Universitas PGRI Wiranegara, Indonesia
  • Muhammad As’adil Ambiya Universitas PGRI Wiranegara, Indonesia
  • Muhammad Rizal Hardiansyah Universitas PGRI Wiranegara, Indonesia
  • Khumairo Wardatul Jannah Universitas PGRI Wiranegara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.9973

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara deskriptif konsep pembelajaran berbasis karakter dalam perspektif pendidikan Islam kontemporer. Kajian ini dilatarbelakangi oleh krisis karakter di kalangan generasi muda yang ditandai dengan menurunnya moralitas, intoleransi, dan lemahnya tanggung jawab sosial. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka, penelitian ini menelaah sumber-sumber ilmiah seperti jurnal, buku, dan dokumen kebijakan pendidikan karakter Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis karakter dalam Islam berakar pada nilai-nilai tauhid, akhlak, dan amal saleh yang terintegrasi dalam seluruh proses pendidikan. Pembentukan karakter tidak hanya bergantung pada kurikulum, tetapi juga pada keteladanan guru, budaya sekolah, serta keterlibatan keluarga. Dalam konteks kontemporer, pendidikan Islam menghadapi tantangan dalam menjaga keseimbangan antara nilai-nilai tradisional dan adaptasi teknologi digital. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pembelajaran yang menekankan internalisasi nilai spiritual dengan dukungan media modern agar mampu membentuk peserta didik yang beriman, berakhlak mulia, dan berdaya saing global. Penelitian ini berkontribusi secara teoretis terhadap penguatan landasan filosofis pendidikan Islam serta memberikan rekomendasi praktis bagi pengembangan kurikulum dan manajemen sekolah berbasis karakter islami.

Published

2025-12-02

How to Cite

Halimah, S. ., Ambiya, M. A. ., Hardiansyah, M. R. ., & Jannah, K. W. . (2025). Analisis Deskriptif terhadap Konsep Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam Kontemporer. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(12), 13597-13602. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.9973