Strategi Guru dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Pemahaman dan Sikap Religius pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Jalaludin Jalaludin Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
  • Epih Nurhayati Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
  • Teti Nurhayati Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.9992

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengimplementasikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam guna meningkatkan pemahaman dan sikap religius pada siswa di Sekolah Dasar. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya peran guru sebagai fasilitator dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan sejak dini agar terbentuk karakter religius yang kuat. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di SD IT Al Ichlash. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru PAI dan siswa, kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan beragam strategi seperti pembiasaan ibadah, keteladanan, pendekatan kontekstual, dan penggunaan metode interaktif dalam proses pembelajaran. Strategi tersebut terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi keagamaan serta membentuk sikap religius yang tercermin dalam perilaku sehari-hari. Pembahasan mengaitkan hasil temuan dengan teori pendidikan karakter dan peran guru dalam pengembangan nilai spiritual di sekolah dasar. Penelitian ini menegaskan bahwa implementasi strategi pembelajaran PAI yang terencana dan konsisten dapat memperkuat pembentukan karakter religius siswa.

Published

2025-12-02

How to Cite

Jalaludin, J., Nurhayati, E. ., & Nurhayati, T. . (2025). Strategi Guru dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Pemahaman dan Sikap Religius pada Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(12), 13877-13881. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.9992