Bung Syahrir (Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri)

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata pelajaran Penjaskes untuk meningkatkan teknik bermain bola tangan siswa kelas XI-TKJ SMK Negeri 1 Dompu tahun 2017-2018.

Authors

  • Redaksi JIIP

Abstract

Pendidikan Jasmani adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani dan direncanakan secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, dan emosional, dalam kerangka sistem pendidikan nasional. Permasalah yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan teknik bermain bola tangan bagi siswa dengan model pembelajaran inkuiri? Sedangkan untuk Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan prestasi belajar pendidikan jasmani pada siswa dalam pemanfaatan Model Pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari dua tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan. Subyek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI TKJ SMKN 1 Dompu. berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terjadi peningkatan dalam teknik bermain bola tangan ditunjukan oleh siklus I sampai dengan siklus II, siklus I (49%), siklus II (87%). Simpulan dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan teknik bermain bola tangan pada siswa Kelas XI TKJ SMKN 1 Dompu, serta model pembejalaran ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternative dalam pendidikan jasmani. 

Published

2018-07-06

How to Cite

JIIP, R. (2018). Bung Syahrir (Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri): Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata pelajaran Penjaskes untuk meningkatkan teknik bermain bola tangan siswa kelas XI-TKJ SMK Negeri 1 Dompu tahun 2017-2018. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1(2), 50-55. Retrieved from https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/9