Deep Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran

Authors

  • Abdul Raup Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Wawan Ridwan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Yayah Khoeriyah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Supiana Supiana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Qiqi Yuliati Zaqiah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.805

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas inovasi dalam bidang pembelajaran deep learning dan penerapannya dalam pembelajaran. Permasalahan yang ada dijawab melalui penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa tahun terakhir ini, kecerdasan buatan (artificial intelligent) berkembang sangat pesat. Masalah-masalah yang sebelumnya sangat sulit dipecahkan manusia, dengan adanya kecerdasan buatan masalah tersebut dapat diselesaikan dengan mudah. Kecerdasan buatan (artificial intelligent) sangat menarik dan sangat penting untuk dipelajari dan diterapkan, karena kelebihannya yang mampu belajar seperti jaringan saraf otak manusia. Secara umum hingga saat ini kecerdasan buatan terdiri atas dua bagian, yakni Deep Learning dan Machine Learning. Sejauh ini teknologi kecerdasan buatan berbasis artificial intelligence diyakini dapat membantu institusi pendidikan meningkatkan efisiensi, memangkas biaya operasional, memberikan visibilitas yang lebih komprehensif terhadap pemasukan dan pengeluaran, dan meningkatkan kemampuan merespon permintaan dengan cepat.

Published

2022-09-01

How to Cite

Raup, A. ., Ridwan, W., Khoeriyah, Y., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. . (2022). Deep Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3258-3267. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.805