Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa yang Kesulitan Belajar dalam Memanfaatkan Media Flashcard di MIS Sakuru Kecematan Monta Kabupaten Bima

Authors

  • Sri Hardiningsih Sekolah Tinggi Keguruaan Iilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima, Indonesia
  • Desy Ningsih Komalasari Sekolah Tinggi Keguruaan Iilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima, Indonesia
  • Ari Rahman Hakim Sekolah Tinggi Keguruaan Iilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.807

Abstract

Penelitian tentang  “Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa yang Berkebutuhan Khusus dengan Kesulitan Belajar dalam Memanfaatkan Media Flashcard di MIS Sakuru Kecamatan Monta Kabupaten Bima” memiliki tujuan sebagai berikut: (1) Menampilkan metode dengan penggunaan media dalam pembelajaran khususnya di MIS Sakuru Kecamatan Monta Kabupaten Bima; (2) Menambahkan reverensi pembelajaran bagi guru MI di MIS Sakuru Kecamatan Monta Kabupaten Bima; (3) Menstimulasi Kemampuan Mengenal Huruf dan Kata bagi Siswa kesulitan belajar di MIS Sakuru Kecamatan Monta.  Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara itu data dalam penelitian menggunakan triangulasi data. Triangulasi data, berupa sumber informasi dari guru, kepala sekolah dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan media flashcard di MIS Sakuru Kecamatan Monta Kabupaten Bima. Dapat disimpulkan bahwa media flashcard (kartu kata) yang digunakan dalam proses pembelajaran dapat memberikan stimulu atau membantu siswa dengan kesulitan belajar (disleksia) di MI. peningkatan kemampuan mengenal huruf dan kata siswa MI Sakuru Kecamatan Monta Kabupaten Bima, meliputi:  identifikasi kesulitan mengenal huruf dan kata siswa yang diperoleh dari instrument pelevelan kemampuan literasi awal yang digunakan peneliti dan informasi yang didapat dari pendidik.

Published

2022-09-07

How to Cite

Hardiningsih, S., Komalasari, D. N., & Hakim, A. R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa yang Kesulitan Belajar dalam Memanfaatkan Media Flashcard di MIS Sakuru Kecematan Monta Kabupaten Bima. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3844-3849. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.807