Karakteristik Gambar yang Diwujudkan oleh Siswa Kelas IV SD 1 Jepang Berdasarkan Representasi Sosial Lingkungan Sekitar

Authors

  • Sayekti Handayani Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Nur Fajrie Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Wawan Shokib Rondli Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.831

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik gambar yang diwujudkan oleh siswa berdasarkan representasi sosial lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode naratif. Adapun sumber data primer adalah siswa kelas IV SD 1 Jepang. Sumber data sekunder berasal dari guru, jurnal, dokumentasi, catatan lapangan mengenai persepsi anak terhadap hasil gambar sebagai representasi sosial lingkungan sekitar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik gambar siswa kelas IV SD 1 Jepang termasuk dalam tahap periodesasi bagan. Tipe gambar anak yang terdapat dalam karya gambar termasuk tipe visual. Bentuk ungkapan gambar beragam antara lain bentuk pengulangan, dimensi dan penumpukan.

Published

2022-09-01

How to Cite

Handayani, S., Fajrie, N., & Rondli, W. S. (2022). Karakteristik Gambar yang Diwujudkan oleh Siswa Kelas IV SD 1 Jepang Berdasarkan Representasi Sosial Lingkungan Sekitar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3460-3465. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.831