Analisis Sikap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Indah Putri Nurfebrianti PGSD Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Diana Ermawati PGSD Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Deka Setiawan PGSD Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.835

Keywords:

Sikap, Kedisiplinan, Belajar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis sikap kedisiplinan belajar siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode naratif yang dilakukan di SDN 1 Jepang Kudus. Subjek penelitian ini yaitu adalah 6 siswa dengan tingkat kedisiplinan belajar yang berbeda-beda yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi penelitian. Wawancara dilaksanakan dengan siswa dan guru kelas IV. Analisis data menggunakan model Milles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kedisiplinan belajar tinggi tentunya memiliki sikap kedisiplinan belajar yang tinggi juga yang sama-sama dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik, yang membedakan ada pada hasil akhir dimana siswa yang memiliki sikap kedisiplinan belajar yang tinggi akan memiliki prestasi belajar yang tinggi juga karena memiliki minat belajar yang tinggi untuk terus belajar sedangkan siswa dengan tingkat kedisiplinan belajar yang kurang maupun siswa yang tidak memiliki kedisiplinan belajar tentunya mereka tidak memiliki sikap kedisiplinan belajar yang sama-sama dipengaruhi oleh faktor instrinsik dan faktor ekstrinsik yang membuat mereka memiliki prestasi belajar yang rendah karena kurang adanya minat untuk terus belajar yang menyebabkan mereka cenderung bersikap acuh pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung.

Published

2022-09-01

How to Cite

Nurfebrianti, I. P., Ermawati, D., & Setiawan, D. (2022). Analisis Sikap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3353-3357. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.835