Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Hebron Pardede Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Melani Dewi Nagur Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Bajongga Silaban Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Tulus Nababan Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Agnes Turnip Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.839

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 7 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design.  Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Medan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen dan VII-1 sebagai kelas kotrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas peserta didik dan soal berbentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil belajar peserta didik, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 81,25 dengan standar deviasi 10,25  dan rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 70,94 dengan standar deviasi 9,35. Hasil yang diperoleh melalui uji-t satu pihak untuk data posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk ? = 0,05 diperoleh thitung = 3,05 dan ttabel = 1,70, dalam hal ini Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar peserta didik pada materi kalor dan perpindahannya kelas VII SMP Negeri 7 Medan.

Published

2022-09-01

How to Cite

Pardede, H., Nagur, M. D., Silaban, B., Nababan, T., & Turnip, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3387-3392. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.839