Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital melalui Metode Storytelling dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa-Siswi Kelas VII di SMP N 1 Tarabintang

Authors

  • Lasrohana Malau Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Sarma Panggabean Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Kartini Bangun Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.845

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh metode storytelling terhadap kemampuan literasi digital oleh Siswa-siswi kelas VII di SMP N 1 Tarabintang. Penelitian ini bertujuan menggambarkan pengaruh metode storytelling. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMP N 1 Tarabintang yang terdiri dar1 1 kelas yang berjumlah 36. Dari populasi tersebut di tetapkan sampel berjumlah 36 orang. Dengan desain eksperimen one group pre-test post-test. Untuk memperoleh data di gunakan penugasan menceritakan ulang cerita teks. Dari analisa yang diperoleh pre-test siswa sebelum menggunakan metode storytelling di peroleh hasil terendah 50 dan tertinggi 75 dengan nilai rata-rata 61,44 dan dikategorikan cukup baik. Sedangkan hasil post-test seudah menggunakan metode storytelling di peroleh hasil terendah 62 dan tertinggi adalah 93 dengan rata-rata 80,19 dan dikategorikan baik. Hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh   >  yaitu (9,715 > 2,000). Hasil ini bahwa Ha di terima dan Ho di tolak. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode storytelling dapat meningkatkan hasil belajar siswa-siswi dalam literasi digital.

Published

2022-09-01

How to Cite

Malau, L., Panggabean, S., & Bangun, K. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital melalui Metode Storytelling dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa-Siswi Kelas VII di SMP N 1 Tarabintang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3366-3370. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.845