Pengaruh Harga dan Strategi Promosi terhadap Keputusan Pembelian Berulang dengan Perilaku Pembelian Impulsif Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna GoFood di Kota Bandung)

Authors

  • Nadziira Khoirnnisa Universitas Widyatama, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Dinda Kayani Putri Bestari Universitas Widyatama, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.848

Keywords:

Diskon, Harga, Iklan, GoFood, SEM Partial Least Square

Abstract

Melalui website resmi GoFood melalui perusahaannya GoJek, ada beberapa diskon potongan harga yang dilakukan GoFood selama 2022, salah satunya adalah ‘Pasti Ada Promo: Diskon s.d 120 ribu dan Diskon Ongkir di GoFood’ yang membuat konsumen melakukan pembelian berulang dan berperilaku impulsif. Namun, diskon potongan harga tersebut tidak merata ada pada setiap akun konsumen. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, strategi promosi dan keputusan pembelian berulang terhadap perilaku pembelian impulsif. Responden pada penelitian ini merupakan masyarakat dari wilayah kota Bandung dengan jumlah 100 responden didapat dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Penelitian ini diolah menggunakan SEM-PLS (Partial Least Square) dengan software Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga dan strategi promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian berulang, harga dan strategi promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif. Namun, keputusan pembelian berulang tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif.

Published

2022-09-03

How to Cite

Khoirnnisa, N., & Bestari, D. K. P. (2022). Pengaruh Harga dan Strategi Promosi terhadap Keputusan Pembelian Berulang dengan Perilaku Pembelian Impulsif Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna GoFood di Kota Bandung). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3667-3675. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.848