Pemikiran Ali Ahmad Madkur tentang Pandangan Posistif (Al-Ijabiyah) Kurikulum Pendidikan Islam

Authors

  • Maman Maman Universitas Pasundan, Indonesia
  • Izzuddin Musthafa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Hendar Priatna Universitas Ma’soem, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.849

Abstract

Penelitian ini menelaah pemikiran Ali Ahmad Madkur di dalam kitab Manhaj al-Tarbiyah fii al-Tashawwur al-Islami terkait dengan karakteristik atau keunggulan kurikulum pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik library research. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa beberapa karakteristik atau keunggulan kurikulum pendidikan Islam antara lain adalah al-Ijabiyah, artinya berpikiran positif atau berpandangan posistif, atau menekankan kepada sisi positif (positifisme). Karakteristik keistimewaan tersebut dalam kurikulum Pendidikan Islam tersebut sebagai panduan dan landasan bagi dunia pendidikan dalam memberikan hakikat kurikulum Islam itu sendiri, bahwa hal-hal yang memotivasi seseorang untuk melakukan perbuatan positif dalam mencapai kebenaran kurikulum atau rancangan tersebut dalam realitas kehidupan. Seorang Muslim mengetahui dari konsepsi Islamnya bahwa manusia adalah kekuatan positif dan aktif di muka bumi ini. Dan itu bukanlah faktor negatif dalam system kurikulumnya, karena pada awalnya ia diciptakan untuk menjadi khalifah (pemimpin) di muka bumi.perkembangan tersebut maka pendidik diharapkan dapat menyesuaikan. Bahwa kurikulum pendidikan Islam, dalam masalah metodenya atau metodologinya tidak bergantung pada indoktrinasi semata.

Published

2022-09-01

How to Cite

Maman, M., Musthafa, I., & Priatna, H. (2022). Pemikiran Ali Ahmad Madkur tentang Pandangan Posistif (Al-Ijabiyah) Kurikulum Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3378-3383. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.849