Penggunaan Channel TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi IV Serui

Authors

  • Yeni Agustina Burumi Program Pascasarjana PAUD Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Program Pascasarjana PAUD Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.863

Keywords:

Channel TV Sekolah, Media Pembelajaran, TK

Abstract

Dalam penulisan ini, penulis akan membahas tentang tujuan manfaat penggunaan Channel Tv sekolah sebagai media belajar dalam meningkatkan proses belajar mengajar di dalam dan di luar Kelas. Selain itu juga tujuan lain dari Channel TV Sekolah yaitu sebagai pesan pendidik dan juga sebagai sumber belajar yang menarik perhatian dan minat Anak Usia Dini khususnya pada anak-anak di Lembaga Tk Pertiwi IV Serui. Dalam penelitian dilapangan penulis mengumpulkan semua data kegiatan siswa sesuai dengan apa yang terjadi, yang sudah dilakukan dalam proses belajar mengajar melalui teknik Penelitian: 1.Study Pustaka 2.Observasi 3. Wawancara 4.Dokumentasi. Dari hasil kajian ini maka penulis dapat melihat manfaat penggunaan Tv Sekolah menjadi dampak positif bagi karateristik Anak Usia Dini. Oleh sebab itu dengan adanya Channel TV Sekolah maka penulis banyak mengkreasikan proses belajar mengajar yang kreatif dan bervariasi dengan menggunakan Tv Sekolah sebagai media pembelajaran dan juga dapat menciptakkan generasi anak-anak yang berakhlak mulia, bersosialisai, berkarakter, cinta tanah air menuju  Bangsa Indonesia yang maju, kreatif, berjiwa Nasionalisme dalam  pendidikan Nasional. Dari hasil obeservasi, wawancara dan dokumentasi maka hasil penelitian membuktikan bahwa manfaat, karakteristik dan kelebihan dari penggunaan Channel Tv Sekolah adalah sebagai media belajar yang efektif dalam proses pembelajaran pada Anak Usia Dini di TK Pertiwi IV.

Published

2022-09-01

How to Cite

Burumi, Y. A., & Watini, S. (2022). Penggunaan Channel TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi IV Serui. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3491-3498. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.863

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>