Implementasi Model Bermain Asyik dalam Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Anak di TK Negeri Dobonsolo Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua

Authors

  • Bertyn Mogelea Program Studi S2 PAUD, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Program Studi S2 PAUD, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.864

Keywords:

Kemampuan Interpersonal, Model Bermain Asyik, TK

Abstract

Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan interpersonal pada anak usia dini melalui model bermain “ASYIK“ di TK Negeri Dobonsolo Sentani Kabupaten Jayapura Provisi Papua. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) Populasinya adalah anak usia dini di berjumlah 16 anak terdiri dari 9 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Bahwa dengan bermain “ASYIK”  dapat menigkatkan kemampuan interpersonal anak, mereka dapat bertaggug jawab, percaya diri, berkomuikasi dengan sagat baik. Hal ini terbukti adanya prningkatan kemampuan interpersonal yang pada kondisi awal rata-rata hanya 44% pada siklus I tindakan 1 meningkat menjadi 51%, siklus I tindakan 2 menjadi 60%, siklus II tindakan 1 menjadi 75%, dan siklus II tindakan 2 meningkat menjadi 83%. Melalui penerapan model  bermain “ASYIK” sangat mudah dilakukan dan menarik serta dapat membangun motivasi belajar anak usia dini. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis data di atas menunjukan bahwa Implementasi Model Bermain “ASYIK” dapat meningkatkan kemampuan interpersonal anak usia dini di TK Negeri Dobonsolo Sentani Kabupaten Jayapura Provisi Papua.

Published

2022-09-01

How to Cite

Mogelea, B., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Bermain Asyik dalam Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Anak di TK Negeri Dobonsolo Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3313-3319. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.864

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>