Implementasi Model “ASYIK” dalam Meningkatkan Semangat Belajar pada Kelompok B TK Negeri Pembina Mimika

Authors

  • Zenab Hulukati Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.866

Keywords:

Model bermain “ ASYIK”, Semangat Belajar, TK

Abstract

Pendekatan pembelajaran di Taman Kanak-Kanak adalah belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar. Melalui bermain anak diajak untuk bereksplorasi, menemukan dan memanfaatkan objek-objek yang dekat dengannya sehingga pembelajaran menjadi bermakna. Kemampuan intelektual (daya pikir) anak sebagian besar di kembangkan dalm kegiatan bermain, melalui bermain anak memperoleh kesempatan menemukan serta bereksperimen dengan alam. Bermain model “ASYIK” dengan reward Yel-Yel merupakan inovasi pembelajaran model baru dan sangat bermanfaat untuk kegiatan pembelajaran di TK yang di kembangkan oleh Sri Watini yang telah mendapat hak patent karya cipta dari Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Dalam kegiatan bermain model “ASYIK’ ditambah dengan reward yel-yelnya  dengan kata-kata “Saya Bisa, Saya Hebat, Saya Berhasil Yess,  ini mampu memberikan motivasi anak dalam melakukan kegiatan bermain. Penulis berharap model pembelajaran dengan model ‘ASYIK’ yang di berikan di kelompok B Usia 5-6 Tahun  dengan jumlah murid 20 anak dapat di terapkan sebagai salah satu kegiatan belajar di TK .karena kegiatan di TK di lakukan dengan cara bermain sambil belajar.

Published

2022-09-01

How to Cite

Hulukati, Z., & Watini, S. (2022). Implementasi Model “ASYIK” dalam Meningkatkan Semangat Belajar pada Kelompok B TK Negeri Pembina Mimika. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3503-3509. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.866

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>