Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw di TK Pah Tsung
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.869Abstract
Tujuan penelitian yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah yang pertama untuk melihat minat baca kelompok B TK Pah Tsung sebelum diterapkannya metode kooperatif tipe jigsaw. Berikutnya agar dapat melihat bagaimana penerapan metode kooperatif tipe jigsaw ini dilaksanakan pada TK Pah Tsung, kemudian yang terakhir merupakan cara untuk melihat adanya peningkatan minat baca anak seusai diterapkannya metode kooperatif tipe jigsaw. Model yang dipergunakan pada penelitian ini adalah model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Arikunto dimana menggunakan dua siklus. Subjek penelitian ini ialah kelompok B TK Pah Tsung, Cengkareng-Jakarta Barat dengan jumlah 14 anak dengan menggunakan tahap pelaksanaan pembelajaran mulai dari bercakap-cakap, pembentukan kelompok asal dan kelompok ahli, diskusi kelompok ahli, penyelesaian tugas pada kelompok asal, dan yang terakhir pemberian reward kepada kelompok terbaik serta anggota kelompok terbaik. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap minat baca anak memberikan adanya peningkatan yang signifikan. Hal ini bisa dicermati berdasarkan data awal yang menunjukkan bahwa minat baca anak berada pada kategori kurang setelah diberikan stimulus pada siklus I serta siklus II minat baca anak meningkat menjadi 79% dengan kategori baik berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan minat baca anak.