Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis STEM dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Sains di Sekolah Dasar

Authors

  • Tita Ragil Tri Wahyuning Cahya Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Pinkan Amita Tri Prasasti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun
  • Naniek Kusumawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.870

Abstract

Bahan ajar penting dan besar peranannya untuk ketercapaian tujuan pembelajaran, karena bahan ajar mempermudah pendidik dalam menyampaikan materi ajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan prosedur dengan model penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang telah dibatasi pada 5 tahapan saja.  Produk yang di kembangkan yaitu e-book berbasis STEM, yang berisi panduan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran. Produk tersebut mendapatkan hasil angket validasi ahli serta angket respon guru dan siswa. Nilai ahli materi 84% dengan kriteria “Sangat Valid”, nilai validasi dari ahli media 84% dengan kriteria “Sangat Valid”, nilai ahli bahasa 84% dengan kriteria "sangat valid", serta respon guru 92% dan siswa 89,25%. Produk e-book yang telah dikembangkan dapat dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dengan hasil validasi "sangat Valid".

Published

2022-09-01

How to Cite

Cahya, T. R. T. W., Prasasti, P. A. T., & Kusumawati, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis STEM dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Sains di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3469-3474. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.870