Pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Tingkat Kesadaraan Berdemokrasi Siswa Kelas VIII di SMP Nasrani 2 Medan T.P 2021/2022

Authors

  • Surya Darma Sihombing Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Ria Astika Permata Sari Sihombing Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Koko Mai Siregar Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Roida Siburian Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Hotmaida Simajuntak Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.872

Keywords:

Pembelajaran PPKn, Mentaati Tata Tertib, Sarana Prasarana Sekolah

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post fakto yang bersifat sebab-akibat yang bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui pengaruh sistem pembelajaran PPKn terhadap kesadaran siswa dalam mentaati tata tertib di sekolah  SMP Gajah Mada Medan  (2) untuk mengetahui adanya pengaruh signifikan pembelajaran PPKn terhadap kesadaran menaati tata tertib di dukung dari sarana prasarana sekolah SMP Gajah Mada Medan.    Hasil analisis Deskriktif menjelaskan bahwa pembelajaran PPKn siswa kelas VII SMP Gajah Mada Medan berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 80,18 dari skor maksimal 100. Kesadaran menaati tata tertib di dukung dari sarana prasarana sekolah siswa kelas VII SMP Gajah Mada Medan berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 83,14 dari skor maksimal 100. Hasil analisis Inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran PPKn terhadap kesadaran menaati tata tertib di dukung dari sarana prasarana sekolah siswa kelas VII SMP Gajah Mada Medan.

Published

2022-09-01

How to Cite

Sihombing, S. D., Sihombing, R. A. P. S., Siregar , K. M., Siburian, R., & Simajuntak, H. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Tingkat Kesadaraan Berdemokrasi Siswa Kelas VIII di SMP Nasrani 2 Medan T.P 2021/2022. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3466-3468. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.872

Most read articles by the same author(s)