Pendidikan Karakter dalam Novel Sastra Indonesia: sebagai Upaya Memilih Materi Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA Menuju Merdeka Belajar

Authors

  • Rokhyanto Rokhyanto IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia
  • Umi Salamah IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia
  • Endang Sumarti IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.873

Keywords:

Pendidikan Karakter, Apresiasi Novel, Merdeka Belajar

Abstract

Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Rumusan masalah yang akan dikaji terkait pembelajaran mandiri yaitu:  apakah materi pembelajaran dalam novel sastra Indonesia sesuai dengan pendidikan karakter?  bagaimana mempersiapkan pembelajaran apresiasi siswa SMA? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis berupa deskripsi, tidak hanya angka atau koefisien tentang hubungan antar variabel, tetapi objek yang dianalisis tentu saja pendidikan karakter yang sesuai dengan karakternya. Data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah buku dan artikel yang memiliki relevansi untuk memperkuat argumentasi dan melengkapi hasil penelitian ini. Teknik menyimak dan mencatat dalam penelitian ini berarti peneliti sebagai instrumen menyimak dengan seksama, terarah, dan menyeluruh terhadap sumber data berupa teks novel sastra Indonesia untuk memperoleh data yang diinginkan. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik membaca berulang, artinya pembaca bekerja terus menerus melalui membaca teks sastra secara bolak-balik dari awal sampai akhir. Hasil analisis data penelitian ini yaitu:  wanita yang tabah dalam menghadapi cobaan;  membantu orang yang tidak mampu; menyesal karena sombong; peduli membantu anak terlantar; rasa kemanusiaan terhadap orang lain; kasih sayang terhadap orang lain. wanita yang bisu; peduli membantu orang sakit, dan lain-lain.

Published

2022-09-01

How to Cite

Rokhyanto, R., Salamah, U., & Sumarti, E. (2022). Pendidikan Karakter dalam Novel Sastra Indonesia: sebagai Upaya Memilih Materi Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA Menuju Merdeka Belajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3426-3435. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.873