Implementasi Bernyanyi ASYIK dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak di Ra Cahaya Dita, Bintan

Authors

  • Dwi Afriliyana Syari Hasibuan Program Pascasarjana, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Program Pascasarjana, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.874

Abstract

Masa Usia Dini sering disebut masa Golden Age, dimana saat itu semua informasi, pengalaman diserap secara optimal. Masa ini harus menjadi perhatian penting bagi orangtua dan pendidik anak usia dini. Pendidikan anak usia dini sebagai pondasi awal tahap perkembangan anak menuju tahap selanjutnya, sebagai tahap pondasi maka pendidikan usia dini ini tidak bisa diabaikan akan tetapi dirancang dan dipersiapkan sebaik mungkin. Tahap perkembangan anak usia dini yang meliputi aspek perkembangan emosi, moral agama, bahasa, kognitif, fisik motorik, seni merupakan aspek perkembangan yang terkandung didalam pendidikan anak usia dini. Metode pembelajaran yang tepat dan sesuai seperti Metode bernyanyi, Bercerita, Tanya jawab, Praktek langsung bisa dipergunakan agar pembelajaran semakin asyik dan menyenangkan. Bernyanyi sebagai salah satu metode yang bisa dilakukan jika pembelajaran mulai tidak diminati oleh anak. Bernyanyi ASYIK dibawakan dengan lirik yang singkat, gerakan membentuk huruf, tepukan serta sambil berdiri membuat emosi anak kembali stabil, mengurangi kebosanan dan kembali meningkatkan konsentrasi anak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan untuk melihat keberhasilan didalam penerapan bernyanyi ASYIK. Dari hasil penelitian didapatkan peningkatan setelah diterapkannya metode ini didalam pembelajaran.

Published

2022-09-01

How to Cite

Hasibuan, D. A. S., & Watini, S. (2022). Implementasi Bernyanyi ASYIK dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak di Ra Cahaya Dita, Bintan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3328-3333. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.874