Implikasi Strategi Synergetic Teaching dalam Pembelajaran Virtual terhadap Kemampuan Siswa-Siswi Menulis Teks Prosedur di Kelas VIII SMP Parulian 3 Medan T.A 2021/2022

Authors

  • Yohana Magdalena Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Pontas Jamaluddin Sitorus Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Harlen Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.875

Keywords:

Implikasi, Synergetic Teaching, Teaks Prosedur

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Implikasi strategi Synergetic Teaching dalam pembelajaran virtual terhadap kemampuan siswa/i menulis Teks Prosedur di Kelas VIII SMP Parulian 3 Medan T.A 2021/2022. Penelitian ini bertujuan menggambarkan Implikasi strategi Synergetic Teaching. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel yang digunakan untuk  penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Gajah Mada Medan dengan jumlah 50 orang. Dengan desain eksperimen two group posttest Design. Untuk memperoleh data yang digunakan yaitu kelas Control dan Eksperimen pada tes posttest menulis teks prosedur. Data analisis yang diperoleh dari kelas Control pada posttest sebelum menggunakan strategi Synergetic Teaching menunjukkan rata- rata  siswa sebesar 60,48. Sedangkan hasil pada kelas Eksperimen pada posttest sesudah menggunakan strategi Synergetic Teaching menunjukkan rata-rata siswa sebesar 82,58. Hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh thitung = 12,225 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi ? = 0,05 adalah 2,068. Oleh sebab itu diperoleh thitung > ttabel (12,225 > 2,068), maka hipotesis alternative Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa adanya Implikasi yang signifikan terhadap pembelajaran berstrategi Synergetic Teaching terhadap kemampuan siswa-siswi menulis Teks Prosedur Dikelas VIII SMP Parulian 3 Medan T.A 2021/2022.

Published

2022-09-01

How to Cite

Magdalena, Y., Sitorus, P. J., & Simanjuntak, H. (2022). Implikasi Strategi Synergetic Teaching dalam Pembelajaran Virtual terhadap Kemampuan Siswa-Siswi Menulis Teks Prosedur di Kelas VIII SMP Parulian 3 Medan T.A 2021/2022. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3499-3502. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.875

Most read articles by the same author(s)