Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra terhadap Pembentukan Karakter Siswa di UPT SMP Negeri 37 Medan

Authors

  • Lukman Pardede Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Kondios Meidarlin Pasaribu Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Monalisa M Siahaan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Angel Mayland Santika Br. Sinaga Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Aliando Tinambunan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Ria Anggreni Safitri Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.877

Keywords:

Peran Ekstrakurikuler, Pembentukan Karakter Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor tidak mengikuti pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler paskibra terhadap pembentukan karakter siswa di UPT SMP Negeri 37 Medan, untuk mengetahui peran kegiatan ekstrakurikuler paskibra terhadap pembentukan karakter siswa di UPT SMP Negeri 37 Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru PKN, Pembina Paskibra, dan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian penulis memperoleh kesimpulan antara lain sebagai berikut: pertama, adapun faktor yang mempengaruhi untuk tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler paskibra yaitu, masih banyak siswa yang sibuk dalam dunia bermain bahkan asik bermain handphone, siswa yang tidak fokus karna sering mengobrol dengan teman-temannya, jarak rumah antara sekolah sangat jauh sehingga peserta didik takut ketika pulang latihan tidak ada transportasi salah satunya angkot. Masih ada sebagian orang tua yang tidak mengijinkan anak-anaknya untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler paskibra dikarenakan para siswa lebih banyak kegiatan di sekolah dari pada kegiatan di rumah sehingga waktu siswa dengan orang tua terbatas. Kedua, peran kegiatan ekstrakurikuler Paskibra terhadap pembentukan karakter siswa di UPT SMP Negeri 37 Medan meliputi tiga karakter yaitu disiplin, tanggung jawab dan religius.

Published

2022-09-01

How to Cite

Pardede, L., Pasaribu, K. M., Siahaan, M. M., Sinaga, A. M. S. B., Tinambunan, A., & Safitri, R. A. (2022). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra terhadap Pembentukan Karakter Siswa di UPT SMP Negeri 37 Medan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3371-3377. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.877

Most read articles by the same author(s)