Upaya Pemertahanan Bahasa Daerah di Kalimantan Utara melalui Penelitian dan Pengembangan Media Bigbook Cerita Anak

Authors

  • Ady Saputra Dosen Universitas Borneo Tarakan, Indonesia
  • Nindya Adiasti Dosen Universitas Borneo Tarakan, Indonesia
  • Hafilia Hasnawati Guru SDN 029 Tarakan, Indonesia
  • Ekha Muliani Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.879

Abstract

Minat baca dan mengenal budaya mengantusiasi penulis menumbuhkan literasi di sekolah. Penelitian dan Pengembangan ini berupaya menghasilkan media bigbook cerita anak berbahasa daerah yang valid dan efektif menambah wawasan siswa. Media Bigbook ini dikembangkan dalam bentuk produk melalui jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan proses pengembangannya menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi dan lembar angket. Lembar validasi untuk mengetahui kelayakan produk. Lembar angket untuk mengetahui respon guru terhadap pengembangan produk. Hasil penelitian diinformasikan yaitu sebagai berikut; 1) Hasil penilaian kualitas produk ditinjau dari penilaian ahli media, Bahasa, dan materi diperoleh kesimpulan sangat layak digunakan dengan besaran persentase sebanyak rata-rata 95%. 2) Hasil respon guru dan siswa terhadap produk yang dikembangkan diperoleh kesimpulan bahwa guru dan siswa sangat tertarik sebagai upaya mempertahankan budaya dan Bahasa daerah di Kalimantan Utara.

Published

2022-09-03

How to Cite

Saputra, A., Adiasti, N., Hasnawati, H., & Muliani, E. (2022). Upaya Pemertahanan Bahasa Daerah di Kalimantan Utara melalui Penelitian dan Pengembangan Media Bigbook Cerita Anak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3713-3720. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.879