Media Komputer dalam Meningkatkan Mutu UAS Mahasiswa Anak Tunanetra (Studi pada Prodi Pendidikan Luar Biasa Universitas Islam Nusantara dan Prodi Pendidikan Khusus Universitas Pendidikan Indonesia Bandung)

Authors

  • Muhamad Arifin Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Hanafiah Hanafiah Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • R. Supyan Sauri Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.881

Keywords:

Pendidikan, Mutu Uas, Mahasiswa Tunanetra

Abstract

Di dalam universitas terdapat beberapa jenis kebutuhan mahasiswa yang berbeda-beda, salah satunya adalah mahasiswa tunanetra yang mempunyai hambatan dalam penglihatan. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin memperoleh data mengenai meningkatkan mutu uas mahasiswa tunanetra yang mengalahi hambatan dalam proses pembelajaran. Sebagaimana yang dijelaskan dalam teori managemen yang dikemukakan oleh George R Terry bahwa ada 4 faktor yang mempengaruhi managemen pengelolaan yaitu Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Dan teori adaptasi yang dijelaskan oleh Darwin bahwa adaptasi adalah mekanisme biologis dimana organisme menyesuaikan diri dengan lingkungan baru atau perubahan dalam lingkungan mereka saat ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dan pendekatan kualitatif. Metode ini cocok dengan penelitian karena penelitian ini berusaha mencari gambaran untuk mencapai tujuan yang diinginkan, sehingga data yang diinginkan dapat terungkap secara jelas dan akurat. Setelah peneliti melakukan penelitian, ditemukan hasil belum optimalnya adaptasi seluruh mahasiswa tunanetra walaupun sudah diberikan input yang sesuai. Sebagian siswa belum menunjukkan perkembangan sedikit pun, dan sebagian mahasiswa tunanetra sudah menunjukkan hasil yang baik namun belum optimal. Belum optimalnya hasil adaptasi mahasiswa tunanetra karena adanya kendala dalam perencanaan, pelaksanaan maupun sumber daya yang ada. Agar hasil yang diperoleh lebih optimal dalam adaptasi mahasiswa tunanetra, sebaiknya sekolah memberikan layanan yang lebih optimal, seperti memberikan pelatihan kepada dosen mengajar di universitas.

Published

2022-09-01

How to Cite

Arifin, M., Hanafiah, H., & Sauri, R. S. (2022). Media Komputer dalam Meningkatkan Mutu UAS Mahasiswa Anak Tunanetra (Studi pada Prodi Pendidikan Luar Biasa Universitas Islam Nusantara dan Prodi Pendidikan Khusus Universitas Pendidikan Indonesia Bandung). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3288-3297. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.881

Most read articles by the same author(s)