Pengaruh Perubahan Organisasi dalam Konteks Readiness for Change terhadap Pendekatan Kepemimpinan Adaptif dan Kinerja Guru Sekolah A di Bekasi

Authors

  • Wening Indriani SDH Cikarang, Universitas Pelita Harapan, Indonesia
  • Dylmoon Hidayat SDH Cikarang, Universitas Pelita Harapan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.883

Keywords:

Perubahan Organisasi, Readiness For Change, Kepemimpinan Adaptif, Kinerja

Abstract

Perubahan organisasi dapat mempengaruhi stabilitas suatu organisasi pendidikan. Untuk mengantisipasi kendala dan resiko yang dihadapi suatu organisasi pendidikan, dibutuhkan kesiapan dari para anggotanya untuk menetapkan langkah adaptif dan mempertahankan kinerja mereka demi tercapainya tujuan organisasi berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan. Perubahan organisasi pendidikan akan terlaksana dengan baik jika para anggotanya memiliki perilaku kepemimpinan yang adaptif dalam menerima perubahan dan sikap yang menerima perubahan sebagai sebuah proses positif dalam mendukung kemajuan organisasi pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan organisasi dalam konteks readiness for change terhadap pendekatan kepemimpinan adaptif dan kinerja guru di Sekolah A. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur yang melibatkan seluruh guru TK dan SD sejumlah 40 responden. Dari hasil penelitian diketahui bahwa perubahan organisai berpengaruh positif terhadap pendekatan kepemimpinan adaptif guru di sekolah A dan perubahan organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja guru di sekolah A. Temuan penelitian ini memiliki implikasi penting terutama bagi para guru dalam menumbuhkan kepemimpinan adaptif serta mempertahankan kinerja maksimal mereka di tengah perubahan sistem pembelajaran dari online ke PTMT (Pembelajaran Tatap Muka Terbatas).

Published

2022-09-01

How to Cite

Indriani, W., & Hidayat, D. (2022). Pengaruh Perubahan Organisasi dalam Konteks Readiness for Change terhadap Pendekatan Kepemimpinan Adaptif dan Kinerja Guru Sekolah A di Bekasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3482-3490. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.883