Pemaknaan Tradisi Barikan dalam Konteks Pendidikan Anak di Dukuh Karang Gempol

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.891

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam pelaksanaan tradisi barikan dan juga untuk mengetahui implementasi tradisi barikan pada proses pembelajaran. Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam tradisi barikan di Dukuh Karang Gempol diantaranya yaitu nilai religius, nilai jujur, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai bersahabat, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab.  Selain itu juga, penelitian ini  membahas tentang mengimplementasikan tradisi barikan pada proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di Dukuh Karang Gempol, RT 04 RW 05 Desa Kayen, Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer diperoleh dari hasil observasi, wawancara dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, sesepuh masyarakat, dan warga Dukuh Karang Gempol. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari hasil dokumen pendukung. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam pelaksanaan tradisi barikan diantaranya yaitu nilai religius, nilai jujur, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai bersahabat, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab. Selain itu juga, implementasi dari tradisi barikan pada proses pembelajaran ini diantaranya yaitu dengan didokumentasikan melalui foto dan video lewat handphone dan dikemas dengan baik dan menarik, sehingga nantinya dapat diterapkan kepada anak bahwa di sekitar ada sebuah kebudayaan yang harus dijaga dan dilestarikan.

Published

2022-09-01

How to Cite

Pemaknaan Tradisi Barikan dalam Konteks Pendidikan Anak di Dukuh Karang Gempol. (2022). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3439-3446. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.891