Efektivitas Model Flipped Classroom terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Raya Kahean

Authors

  • Rosalinda Purba Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Beslina Afriani Siagian Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Elza Leyli Lisnora Saragih Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.895

Keywords:

Model Flipped Classroom, Kemampuan Menulis, Teks Prosedur

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP         Negeri 1 Raya Kahean tahun Pelajaran 2022/2023 berjumlah 120 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster sampling sederhana. Sampel akan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa, sehingga dipeoleh jumlah sampel sebanyak 60 siswa.Penelitian ini menggunakan desain eksperimen two group posttest desaign. Untuk memperoleh data digunakan penugasan menulis teks proedur. Dari analisis yang diperoleh kemampuan siswa menulis teks prosedur dikelas VII SMP Negeri 1Raya Kahean tanpa menggunakan model flipped classroom diperoleh skor terendah 51 dan skor tertinggi 82, dengan nilai rata-rata 63.23.Kemampuan siswa menulis teks prosedur dikelas VII SMP Negeri 1Raya Kahean menggunakan model flipped classroom diperoleh skor terendah 60 dan skor tertinggi 94, dengan nilai rata-rata 77.36.Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh thitug = 5,803 dan ttabel = 2,042 dengan taraf singnifikan 0,05 menunjukan thitung >ttabel, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model flipped classroom berpengaruh terhadap kemampuan siswa menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Raya Kahean.

Published

2022-09-01

How to Cite

Purba, R., Siagian, B. A., & Saragih, E. L. L. (2022). Efektivitas Model Flipped Classroom terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Raya Kahean. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3436-3438. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.895

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>