Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Negeri 2 Afulu

Authors

  • Januaris Pane Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Ramiani Zai Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Andriono Manalu Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Ridana Laia Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.897

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Afulu. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Sebelum mendapatkan perlakuan pada kedua kelas, diperoleh rata-rata skor kemampuan awal (pretest) berpikir kritis kelas eksperimen 43,52 dengan standar deviasi 9,33 dan skor kemampuan awal (pretest) berpikir kritis kelas kontrol 43,76 dengan standar deviasi 9,11. Setelah dilakukan pembelajaran yang berbeda diperoleh hasil rata-rata posttest berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen 83,36 dengan standar deviasi 6,84 dan hasil rata-rata posttest berpikir kritis peserta didik kelas kontrol 72,72 dan standar deviasi 8,24.

Published

2022-09-01

How to Cite

Pane, J., Zai, R., Manalu, A., & Laia, R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Negeri 2 Afulu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3579-3583. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.897