Pengembangan Model Pembelajaran Proyek Berbasis Lingkungan (Proling) untuk Keterampilan Vokasional

Authors

  • Khamdun Universitas Muria KudusDosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.908

Keywords:

Proyek, Lingkungan, Keterampilan Vokasi

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis Research dan Development (R&D) yaitu penelitian yang bertujuan merancang dan mengembangkan suatu model atau produk baru, yaitu model pembelajaran Proyek berbasis Lingkungan (Proling) untuk keterampilan vokasional, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi mengukur keaktifan untuk meningkatkan keterampilan vokasional siswa siswa SMK di Kudus, angket untuk mengukur respon siswa serta validasi model dan perangkat, tes untuk mengukur hasil belajar siswa, dokumentasi untuk memperoleh data kondisi awal. Penelitian pengembangan model pembelajaran ini dilakukan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Kudus. Sampel penelitian diambil menggunakan metode cluster random sampling sebanyak empat sekolah menengah kejuruan dari semua sekolah menengah kejuruan yang ada di Kabupaten Kudus. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis data wawancara, analisis statistik deskriptif untuk menganalisis distribusi frekuensi hasil kuesioner dan uji t untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran. Hasil penelitian didapatkan, kondisi awal pembelajaran IPA yang dilakukan di SMK Kabupaten Kudus didapatkan fakta guru IPA di SMK Kabupaten Kudus masih mengajar dengan cara yang sama yaitu dengan paradigma theoretical science.

Published

2022-09-03

How to Cite

Khamdun. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Proyek Berbasis Lingkungan (Proling) untuk Keterampilan Vokasional. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3651-3662. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.908