Munculnya Pawang Hujan di Sirkuit MotoGP Mandalika 2022 di Mata Netizen (Analisis Isi Pesan di Kolom Komentar YouTube MotoGP Trans7 Official)

Authors

  • Retno Manuhoro Setyowati Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang, Indonesia
  • Suhariyanto Suhariyanto Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang, Indonesia
  • Hilda Rahmah Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.943

Keywords:

Content Analysis, Analisis Isi Kualitatif, Isi Media, Pawang Hujan, MotoGP

Abstract

Penelitian ini berisi tentang analisis isi kualitatif komentar netizen di kolom komentar channel atau kanal YouTube MotoGP Trans7 Official yang menayangkan gelaran MotoGP 2022 di sirkuit Mandalika yang disajikan oleh Trans7 selaku official television. Penelitian ini dititik beratkan pada momentum munculnya pawang hujan bernama Rara Isti Wulandari saat prosesi penghentian hujan yang ditayangkan di kanal YouTube MotoGP Trans7 sebagai obyek penelitian. Penelitian dinilai penting dilakukan untuk mengetahui opini publik atau pendapat netizen pada momentum tersebut, sejalan dengan tujuan analisis isi yakni diantaranya melihat isi media yang tersurat, perhatian media terhadap isu, tokoh, kelengkapan informasi, termasuk berbagai pendapat yang dilontarkan oleh netizen. Metode yang digunakan adalah metode analisis isi kualitatif dengan pendekatan induktif. Ini adalah proses memadatkan data tekstual yang kompleks dan membangun makna dari data melalui tema atau kategori yang muncul. Data diolah dengan menggunakan NVivo12 Plus 12 Plus untuk membantu menemukan tema-tema isi komentar netizen, dan dianalisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini muncul lima (5) tema besar teratas yaitu bangga budaya Indonesia, menghormati keberagaman adat atau kearifan lokal, mengapresiasi keunikan acara, merasa terhibur, mengungkapkan sinisme maupun rasa suka. Komentar netizen yang sering mengemuka adalah tema “bangga akan budaya bangsa Indonesia”. Dimana netizen serempak sepakat dalam berbagai ungkapan kalimat bahwa peristiwa munculnya pawang hujan menambah kecintaannya kepada adat, budaya dan kearifan lokal yang ada di Indonesia.

Published

2022-09-06

How to Cite

Setyowati, R. M., Suhariyanto, S., & Rahmah, H. (2022). Munculnya Pawang Hujan di Sirkuit MotoGP Mandalika 2022 di Mata Netizen (Analisis Isi Pesan di Kolom Komentar YouTube MotoGP Trans7 Official). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3805-3813. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.943