Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium (DKL) Berbasis ANCORB pada Praktikum Uji Makanan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2216Abstract
Kegiatan praktikum merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan karena dapat membantu siswa untuk membuat hubungan antara domain real dengan domain pikiran. Desain Kegiatan Laboratorium (DKL) sebagai penunjang utama kegiatan praktikum harus mampu mencapai tujuan penting dari praktikum yaitu agar siswa mampu mengkonstruksi pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis DKL yang digunakan di sekolah berdasarkan aspek relevansi dengan kurikulum 2013 dan konstruksi pengetahuan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif berbasis ANCORB (Analisis, Uji coba, dan Rekonstruksi). Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling pada lima sampel DKL dari kurikulum KTSP, kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 revisi. Instrumen yang digunakan diadaptasi dari Diagram Vee yang dikembangkan oleh Novak & Gowin (1984). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima DKL yang dianalisis terdapat beberapa aspek yang harus direkonstruksi meliputi judul, tujuan, alat dan bahan, prosedur, perekaman dan transformasi data, serta pertanyaan terstruktur yang mendukung perolehan pengetahuan baru bagi siswa.