Manajemen Program Unggulan Pondok Pesantren Queen Al-Falah Kediri dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2395Abstract
Penelitian bertujuan untuk menggali penerapan manajamen progam unggulan pondok pesantren Queen Al-Falah Ploso meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data digali melalui observasi kegiatan pondok pesantren, wawancara dengan guru madin dan guru formal dan dokumentasi tentang program dan kegiatan di pondok pesantren. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) perencanaan program unggulan sesuai dengan kurikulum meliputi tujuan, program, jadwal kegiatan. Kegiatan santri 24 jam penuh dengan bimbingan Kyai dan para guru, jadwal kegiatan terdiri dari Harian, Mingguan, Semesteran dan Tahunan, (2) Pelaksanaan program unggulan yang diberlakukan di Pondok Pesantren Queen Al-Falah adalah perpaduan antara kurikulum pesantren dengan kurikulum pemerintah, sehingga lulusanya dapat melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Pada Pondok Pesantren Queen Al-Falah membagi jenjang pendidikan menjadi 2 yaitu pendidikan formal (SMP, SMA, SMK) dan pendidikan pesantren atau lebih dikenal dengan Madrasah Islamiyah Salafiyah Riyadlotul Uqul (MISRIU). (3) Evaluasi dilaksanakan dalam jangka pendek, menengah dan panjang, evaluasi yang dilaksanakan akhir semester seperti mengecek kelengkapan ma’na kitab setiap santri, untuk evaluasi dalam kegiatan seperti kegiatan syawir, sekolah formal maupun diniyah.