Pengembangan Home Task Program (HTP) Bagi Anak dengan Hambatan Motorik

Authors

  • Diana Shanty Universitas Pendidikan Indonesia
  • Oom Siti Homdijah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Riksma Nurahmi Rinalti Akhlan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Imas Diana Aprilia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Budi Susetyo Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2443

Abstract

Anak yang mengalami gangguan gerak peniruan adalah anak yang tidak bisa menirukan gerakan-gerakan yang dicontohkan oleh orang lain, ia akan merasa cemas atau kesulitan ketika seseorang memerintahkan untuk menirukan gerakannya. Anggota tubuh anak akan kaku saat melakukan gerakan sederhana. Hal ini menjadi paermasalahan yang sering terjadi pada anak yang mengalami hambatan motorik. Permasalahan motorik anak terdiri dari motorik kasar dan motorik halus. Kemampuan motorik halus merupakan keterampilan yang menyatu antara motorik halus dengan panca indra. Kesiapan mengoordinasi keseluruhan ini diperlukan untuk kesiapan berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari, seperti makan dalam hal merawat diri. Sementara pada anak dengan hambatan motorik, salah satunya cerebral palsy memiliki gangguan gerak sebagai akibat dari kerusakan pada otak yang berpengaruh terhadap keterampilan motorik. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan program yaitu Home Task Program (HTP). Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan motorik halus bagi anak dengan hambatan motorik. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam mengkaji pengembangan program.

Published

2023-12-01

How to Cite

Shanty, D. ., Homdijah, O. S. ., Akhlan, R. N. R. ., Aprilia, I. D. ., & Susetyo, B. . (2023). Pengembangan Home Task Program (HTP) Bagi Anak dengan Hambatan Motorik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10078-10081. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2443