Analisis Model Pembelajaran Memirsa di Kelas 2 SD IT Muhammadiyah Bandongan Kabupaten Magelang

Authors

  • Prahasiwi Cahya Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Arif Wiyat Purnanto Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2492

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran memirsa yang diterapkan di kelas 2A SD IT Muhammadiyah Bandongan, Kabupaten Magelang dengan fokus pada penggunaan media audio visual dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan guru dan peserta didik sebagai partisipan penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi interaktif dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran memirsa di kelas 2A SD IT Muhammadiyah Bandongan telah memberikan kontribusi yang positif terhadap pembelajaran peserta didik. Penggunaan media audio visual dan visual, seperti video cerita rakyat dan power point, dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran dan mamperkaya pemahaman mereka tentang materi pembelajaran. Peserta didik juga dapat mengembangkan keterampilan berfikir kritis dan kreatifitas melalui kegiatan membuat kalimat ajakan secara berkelompok dan melakukan presentasi di depan kelas. Namun, terdapat beberapa tantangan yang dihadapi dalam implementasi model pembelajaran memirsa. Tantangan tersebut meliputi keterbatasan waktu pembelajaran yang dapat membatasi kegiatan memirsa secara mendalam, tingkat perhatian peserta didik yang bervariasi, dan kesulitan peserta didik dalam mengidentifikasi pesan dan amanat dari media visual. Berdasarkan temuan penelitian ini, disarankan untuk meningkatkan penerapan model pembelajaran memirsa di kelas 2A SD IT Muhammadiyah Bandongan dengan memperhatikan beberapa hal. Guru perlu mengadopsi strategi yang lebih variatif dan kreatif dalam menggunakan media audio visual dan visual untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dan memfasilitasi pemahaman mereka tentang materi pembelajaran.

Published

2023-12-01

How to Cite

Cahya , P., & Purnanto, A. W. . (2023). Analisis Model Pembelajaran Memirsa di Kelas 2 SD IT Muhammadiyah Bandongan Kabupaten Magelang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9939-9947. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2492